TRYOUT ILMU PENGETAHUAN ALAM 1 UJIAN SEKOLAH/MADRASAH TINGKAT 6 SD/MI TAHUN AJARAN 2016/2017+KUNCI JAWABAN
TRYOUT ILMU PENGETAHUAN ALAM 1 UJIAN SEKOLAH/MADRASAH TINGKAT 6 SD/MI TAHUN AJARAN 2016/2017+KUNCI JAWABAN
1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa C. memudahkan menemukan pasangannya
B. memudahkan menemukan mangsa D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon
6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran.
Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan
hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan
11. Perhatikan gambar rangka manusia di samping!
Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di samping adalah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di samping!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan
. . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di bagian permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak
ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja
pada air tersebut adalah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan
tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan
adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam C. kardus dan kaca
B. karet dan busa D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik C. dipukul
B. digesek D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan C. merambat lurus
B. dipantulkan D. menembus benda bening
Download Lengkap
TRYOUT ILMU PENGETAHUAN ALAM 1 UJIAN SEKOLAH/MADRASAH TINGKAT 6 SD/MI TAHUN AJARAN 2016/2017+KUNCI JAWABAN
Sumber http://kumpulansoalsdn.blogspot.com/
0 Response to "TRYOUT ILMU PENGETAHUAN ALAM 1 UJIAN SEKOLAH/MADRASAH TINGKAT 6 SD/MI TAHUN AJARAN 2016/2017+KUNCI JAWABAN"
Post a Comment