RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2017

RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2017. Selamat pagi para guru semuanya, pada kesempatan ini kami akan membagikan file RPP Matematika Kelas X SMA Semester 2 /  II (Genap) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun ajaran 2017/2018. RPP yang kami bagikan ini adalah RPP yang kami buat sendiri dan sudah mengacu pada buku paket K13 Revisi 2017 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi, bagi para guru yang mengajar di SMA tepatnya yang mengajar mata pelajaran Matematika di SMA kelas X tentunya pada semester 2 ini anda juga harus sudah memiliki paket perangkat pembelajaran yang harus segera disetorkan ke pihak kurikulum atau sebagai bahan arsip kelengkapan seorang guru jika nantinya ada pengawas, maka guru dapat memperlihatkan perangkat pembelajaran mereka. 

 pada kesempatan ini kami akan membagikan file RPP Matematika Kelas X SMA Semester  RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2017

Download RPP K13 Matematika Kelas X SMA Semester 2 / Genap. Pada artikel ini sengaja kami berikan link download yang dapat digunakan sebagai jalan untuk mengunduh file RPP Matematika Kelas X semester 2 yang memang sengaja kami bagikan untuk dapat digunakan oleh para guru yang mengajar di SMA. RPP yang kami bagikan ini berbentuk file Microsoft Word yang telah kami zip atau diubah dalam bentuk rar. Nantinya anda dapat membukanya dengan menggunakan password yang telah kami berikan pada artikel ini. 

Selain itu, Anda juga dapat melihat cuplikan isi dari RPP tersebut di bawah ini jadi anda bisa memastikanya lagi. Untuk materi kelas X semester 2 RPP yang kami bagikan adalah RPP materi Fungsi dan Trigonometri. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                 : SMA …
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X/ Genap
Materi Pokok         : Fungsi
Alokasi waktu :

A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.5  Menjelaskan dan Menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya.
3.5.1  Menentukan notasi suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
3.5.2  Menentukan daerah asal suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional melalui grafik
3.5.3  Menentukan daerah hasil suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional melalui grafik.

3.6  Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifatsifatnya serta menentukan eksistensinya.
3.6.1  Menentukan hasil operasi penjumlahan pada fungsi
3.6.2  Menentukan hasil operasi pengurangan pada fungsi
3.6.3  Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian fungsi
3.6.4  Menentukan hasil operasi komposisi pada fungsi.
3.6.5 Memahami de¬nisi fungsi invers3.6.6 Menentukan invers suatu fungsi
3.6.7 Menemukan sifat-sifat fungsi invers.

4.5  Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb.
4.5.1  Menggunakan konsep daerah asal fungsi untuk menyelesaikan masalah kontekstual tentang fungsi
4.5.2  Menggunakan konsep daerah hasil fungsi untuk menyelesaikan masalah kontekstual tentang fungsi.

4.6  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi.
4.6.1  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi aritmetika fungsi
4.6.2  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi komposisi fungsi.
4.6.3  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan invers suatu fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mempelajari fungsi melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, serta penemuan (discovery) siswa diharapkan mampu:
1.  menumbuhkan sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif, dan proaktif, berani bertanya, berpendapat, serta menghargai pendapat orang lain dalam aktivitas sehari-hari;
2.  menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami dan menyelesaikan masalah fungsi;
3.  menentukan daerah asal suatu fungsi;
4.  menentukan daerah hasil suatu fungsi;
5.  menentukan hasil operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) suatu fungsi;
6.  menentukan hasil operasi komposisi suatu fungsi;
7.  menentukan invers suatu fungsi;
8.  memahami syarat-syarat suatu fungsi agar memiliki invers;
9.  menggunakan konsep daerah asal dan daerah hasil untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi;
10.  menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi.

D. Materi Pembelajaran 
Memahami Notasi, Domain, Range, dan Grafik  Suatu Fungsi

E. Metode Pembelajaran 
Project Based Learning, Problem-Based Learning, dan Discovery Learning dengan pendekatan scientific learning melalui proses mengamati, menanya, menalar, mencoba, membangun jejaring, dan mengomunikasikan berbagai informasi terkait pemecahan masalah real world, analisis data, dan menarik kesimpulan.

F. Media dan Bahan 
Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS

G. Sumber Belajar 
a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran 
Pertemuan 1

1. Kegiatan Pendahuluan
a.  Pembelajaran dimulai dengan do’a dan salam.
b.  Apersepsi.
1)  Para siswa diperkenalkan ulang materi relasi dan fungsi yang telah dipelajari di SMP.
2)  Ajaklah siswa mengingat kembali konsep fungsi, penyajian fungsi, daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil fungsi.

Kegiatan Inti
Pengantar Pembelajaran
a.  Ajaklah siswa untuk memerhatikan dan memahami Gambar 3.1.
b.  Upayakan siswa lebih dahulu berusaha memikirkan, bersusah payah mencari ide-ide, berdiskusi dalam kelompok, dan mencari pemecahan masalah di dalam kelompok.
c.  Guru dapat memberi bantuan kepada siswa, tetapi diupayakan mereka sendiri yang berusaha menuju tingkat pemahaman dan proses berpikir yang lebih tinggi.

Ayo Kita Amati
a.  Ajaklah siswa untuk mengamati Gambar 3.1 dan Gambar 3.2 dan fokuskan pengamatan kepada pengamatan bagaimana proses kerja sebuah mesin, mulai dari masukan, proses, sampai pada luaran yang dihasilkan oleh sebuah mesin. Selanjutnya, untuk Gambar 3.2 fokus pengamatannya pada daerah asal dan daerah hasil sebuah fungsi yang disajikan dalam grafik.
b.  Berilah kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang perbedaan masukan pada mesin yang akan menghasilkan luaran yang berbeda juga.

Ayo Kita Menanya
a.  Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat notasi sebuah fungsi dan menentukan daerah asal serta daerah hasil suatu fungsi.
b.  Amati siswa yang sedang bekerja dan jika diperlukan, berikan pertanyaan yang dapat memancing ide kreatifitas siswa.

Sedikit Informasi
Informasikan kepada siswa daerah asal fungsi adalah semua nilainilai yang ada pada sumbu xdan daerah hasilnya berasal pada sumbu-y.

Ayo Kita Menalar
Ajaklah siswa untuk mendiskusikan kembali tentang notasi, daerah asal, dan daerah hasil suatu fungsi. Perhatikan siswa yang sedang melakukan kegiatan Menalar.

Ayo Kita Berbagi
a.  Mintalah siswa untuk berbagi hasil karyanya ke teman sebangkunya dan pastikan temannya yang menerima hasil karya tersebut untuk memahami apa yang harus dilakukan.
b.  Pantaulah bagaimana mereka mengerjakan tugasnya dan pastikan bahwa kalimat-kalimat yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.

3. Kegiatan Penutup
a.  Apakah semua kelompok sudah mengumpulkan tugastugasnya dan apakah identitas kelompok sudah jelas? Coba periksa.
b.  Berikan penilaian terhadap proses dan hasil karya siswa dengan menggunakan rubrik penilaian.
c.  Jika dipandang perlu, berikan latihan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

J. Penilaian 
1. Prosedur Penilaian
2.  Instrumen Pengamatan Sikap Rasa Ingin Tahu
a.  Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran.
b.  Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum konsisten.
c.  Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus-menerus dan konsisten.

Indikator perkembangan sikap tanggung jawab (dalam kelompok)
a.  Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok.
b.  Baik jika sudah adanya usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok tetapi belum konsisten.
c.  Sangat baik, jika sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus-menerus dan konsisten.
Download Juga: Silabus K13 Matematika SMA Kelas X, XI, XII Revisi 2017
3.  Instrumen penilaian 1
Petunjuk:
a.  Kerjakan soal berikut secara individu, siswa tidak diperbolehkan menyontek dan bekerja sama.
b.  Jawablah pertanyaan/perintah di bawah ini.
dan seterusnya...... 

Untuk melihat versi lengkapnya, anda juga dapat langsung mendownload file RPP Matematika Kelas X SMA K13 Revisi 2017.

Password: www.SekolahSD.web.id

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id/

0 Response to "RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel