Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018
Berikut ini adalah contoh latihan Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn ini dapat membantu adik-adik yang akan menghadapi Ujian Sekolah.
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan perdamaian dunia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Jabatan yang memegang tanggung jawab sebagai pemimpin konsulat adalah ....
a. Atase
b. Konsul
c. Duta Besar
d. Menteri luar negeri
3. Organisasi PBB yang berperan dalam menyelesaikan masalah Indonesia dengan Belanda adalah ....
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNHCR
d. UNCI
4. Pemrakarsa berdirinya PBB yang merupakan presiden Amerika Serikat adalah ....
a. Winston Churchill
b. F.D. Roosevelt
c. Jimmy Carter
d. John F. Kennedy
5.
Tokoh-tokoh tersebut berperan dalam terbentuknya ....
a. ASEAN
b. Gerakan Non-Blok
c. Konferensi Asia Afrika
d. PBB
6. Politik luar negeri Indonesia memiliki landasan. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah ....
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. Deklarasi Bangkok
d. Undang-undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri
7. Indonesia merupakan salah satu anggota PBB yang memiliki peran aktif. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah ....
a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
b. menyelenggarakan KTT ASEAN
c. melakukan kerja sama dalam pakta pertahanan dengan negara lain
d. mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
8. Berikut ini peran PBB dalam membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah ....
a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
b. membantu Indonesia dalam mengusir penjajah Jepang
c. mendesak Jepang agar menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia
d. memyumbangkan senjata kepada pasukan Indonesia untuk melawan penjahah
9. Konferensi Asia Afrika telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Sepuluh prinsip pokok yang dihasilkan KAA dinamakan ....
a. Deklarasi Bangkok
b. Piagam Jakarta
c. Dasasila Bandung
d. Piagam Colombo
10. UNESCO merupakan badan khusus PBB yang menangani masalah ...
a. kesehatan sedunia
b. pangan sedunia
c. buruh sedunia
d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. Tujuan berdirinya organisasi Non Blok adalah ....
a. mengurangi pengaruh Blok Barat dan Blok Timur
b. menghindari persaingan antarblok
c. membantu negara yang baru merdeka agar memihak salah satu blok
d. berusaha membendung pengaruh buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. Kerja sama di kawasan Asia Pasifik yang fokus pada bidang ekonomi adalah ....
a. ASEAN
b. APEC
c. PBB
d. OPEC
13. Tokoh perumus tujuan politik luar negeri Indonesia adalah ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Adam Malik
d. Ahmad Soebardjo
14. ILO adalah organisasi PBB yang menangani masalah ....
a. pangan
b. buruh
c. kesehatan
d. pendidikan
15. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika adalah ....
a. Adam Malik
b. Mohammad Hatta
c. Ali Sastroamidjoyjo
d. Arif Syarifuddin
16. Berikut ini tokoh dari Peru yang pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB adalah ....
a. Antonio Guterres
b. Trygve Lie
c. Javier Peres De Cuellar
d. Dr. Kurt Waldheim
17. Jawaharlal Nehru merupakan salah satu tokoh pemrakarsa terbentuknya ....
a. ASEAN
b. PBB
c. Gerakan Non Blok
d. Konferensi Asia Afrika
18. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Kolombo adalah ....
a. Ir. Soekarno
b. Muhammad Hatta
c. Ali Sastroamijoyo
d. Ruslan Abdulgani
19. Di bawah ini kewajiban utama yang harus dilaksanakan oleh seorang pelajar adalah ....
a. membantu orang tua
b. menghormati orang tua
c. rajin belajar
d. mengerjakan tugas
20. Berikut ini adalah perilaku yang menunjukkan contoh hidup rukun adalah ....
a. datang terlambat lalu dimarahi gutu
b. mengembalikan buku teman
c. kerja bakti membersihkan lingkungan
d. berkata jujur apa adanya
21. Pernyataan berikut yang menunjukkan penerapan musyawarah dalam lingkungan keluarga adalah ....
a. Anak-anak sedang membantu ibu membersihkan rumah
b. Adik mengerjakan PRnya sendiri
c. Bu guru menasihati Anton karena datang terlambat
d. Ayah menerima usul dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. Indonesia memiliki aneka peninggalan budaya. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ....
a. sumber daya alam yang melimpah
b. kebudayaan yang tinggi
c. kelebihan
d. warisan dari nenek moyang
23. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari buku Sutasoma karya ....
a. Mpu Prapanca
b. Mpu Tantular
c. Mpu Sedah
d. Mpu Gandring
24.
Rumah adat seperti pada gambar berasal dari daerah ....
a. Kalimantan Barat
b. Sumatra Barat
c. Sumatra Selatan
d Sulawesi Selatan
25. Alasan manusia merupakan makhluk Tuhan yang tinggi derajatnya jika dibanding makhluk lain adalah ....
a. manusia terdiri dari jasmani dan rohani
b. manusia diberi akal pikir dan akal budi
c. manusia diberi kehidupan dan penghidupan
d. manusia diberi tugas mengolah sumber daya alam
26. Pemerintahan pusat memberikan pelimpahan wewenang kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri. Dalam sistem NKRI, pelimpahan tersebut dinamakan asas ....
a. desentralisasi
b. dekonsentrasi
c. sentralisasi
d. daerah otonom
27. Dalam perkembangannya, UUD 1945 telah mengalami perubahan atau disebut dengan Amandemen UUD 1945 yang dilakukan sebanyak empat kali. Amandemen UUD 1945 telah merubah struktur lembaga negara di Indonesia. Berdasarkan amandemen UUD 1945, lembaga negara yang dibubarkan adalah ....
a. DPD
b. DPR
c. DPA
d. MA
28. Berikut ini adalah contoh gangguan yang datangnya dari dalam negeri yang dapat memecah belah NKRI adalah ....
a. pelanggaran wilayah oleh negara tetangga
b. ancaman dari negara lain yang mengganggu pertahanan negara
c. gerakan separatis OPM
d. aksi spionase atau mata-mata dari negara lain
29. Tindakan berikut yang menunjukkan perilaku pelajar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI adalah ....
a. mematuhi tata tertib sekolah
b. ikut bergabung dalam organisasi kemasyarakatan
c. mengikuti latihan militer bersama TNI
d. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
30. Indonesia sangat menentang segala bentuk penjajahan karena penjajahan tidak sesuai dengan ....
a. harkat dan martabat manusia
b. tujuan dan cita-cita bangsa
c. nilai-nilai moral dan kemanusiaan
d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki harga diri. Contoh perilaku memiliki harga diri adalah ....
a. bekerja keras
b. tidak suka dengan kesuksesan orang lain
c. bangga dengan prestasi yang dicapai
d. menganggap orang lain lebih rendah
32. Pada hari Minggu, di desa tempat Andi tinggal sedang diadakan kerja bakti. Sikap Andi sebaiknya ....
a. bersembunyi di dalam rumah
b. pergi ke rumah temannya
c. pura-pura tidak tahu
d. ikut kerja bakti
33. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Oleh karena itu kita wajib ....
a. mendahulukan hak dari pada kewajiban
b. tidak membeda-bedakan antara hak dan keawajiban
c. mengutamakan kewajiban tanpa menuntut hak
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. Menjaga kehormatan merupakan kewajiban bagi setiap orang. Contoh berikut yang menunjukkan perilaku menjaga kehormatan diri adalah ....
a. menghormati hak-hak orang lain
b. memilih-milih teman dalam pergaulan
c. menjauhi teman yang tidak sepaham dengan pemikiran
d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. Di bawah ini merupakan hal yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme adalah ....
a. adanya kesamaan cara pandang
b. adanya perbedaan pola pikir
c. adanya perbedaan pandangan
d. adanya perasaan senasib
36. SD Tunas Bangsa akan membangun mushola. Pihak yang harus diajak musyawarah untuk menyelesaikan masalah pembangunan tersebut adalah ....
a. guru, komite, dan wali murid
b. kepala desa, guru, dan kepala sekolah
c. guru, murid, dan perangkat desa
d. guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
37. Fajar telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA. Dia tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sehingga ia memilih untuk mempelajari tentang mesin sepeda motor. Fajar dapat mengikuti pelatihan di bidang tersebut melalui ....
a. BKIA
b. BLKIA
c. BLK
d. BPLK
38. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan bentuk perwujudan sikap tanggung jawab terhadap hasil musyawarah di lingkungan masyarakat adalah ....
a. Budi menolong temannya yang kesulitan mengerjakan tugas
b. tamu yang menginap harap lapor ketua RT
c. mengizinkan warga begadang hingga larut malam
d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. Hal-hal di bawah ini yang menjadi latar belakang terjadinya kerja sama ASEAN adalah ....
a. mencari mitra dagang
b. sama-sama negara yang sedang berkembang
c. negara-negara ASEAN tidak semua memiliki hasil alam
d. kebutuhan masing-masing negara tidak sama
40. Membubarkan partai politik dan menyelesaikan sengketa hasil pemilu adalah tugas ....
a. Mahkamah Agung
b. MPR
c. Mahkamah Konstitusi
d. Komisi Yudisial
41. Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh ....
a. KPI
b. KPU
c. KPK
d. Yudisial
42. Dalam pemerintahan dikenal tiga istilah kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Wewenang pemerintah di bidang eksekutif adalah ....
a. mengajukan undang-undang kepada DPR
b. mengangkat dan memberhentikan menteri
c. mengangkat duta dan konsul
d. menyatakan perang dengan mendapat persetujuan dari DPR
43. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan undang-undang adalah ....
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. eksaminatif
44. Salah satu contoh menjaga keutuhan NKRI adalah dengan menjaga dan mempertahankan alat pemersatu bangsa. Alat pemersatu bangsa tersebut adalah ....
a. undang-undang
b. perpu
c. perpres
d. Pancasila
45. Manusia memiliki perbedaan watak dan sifat namun sebagai pribadi manusia memiliki kesamaan yaitu ....
a. ingin dihormati dan dihargai
b. ingin menghargai diri sendiri
c. ingin disukai orang lain
d. ingin dipandang oleh orang lain
46. Salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari Singapura adalah ....
a. Narciso Ramos
b. S. Rajaratnam
c. Thanat Khoman
d. Tun Abdul Razak
47. Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang ....
a. adil
b. bersih
c. terbuka
d. demokratis
48. Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan musyawarah. Hal ini mencerminkan sila Pancasila yang disimbolkan dengan ....
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas
49. Kerja sama bilateral indonesia dengan Filipina adalah dengan dibangunnya ....
a. industri tembaga
b. pabrik pupuk urea
c. proyek abu soda
d. pabrik bahan kimia
50. Salah satu persoalan yang sedang di perjuangkan oleh setiap negara sebagai akibat dari globalisasi dalam bidang politik adalah........
a. terorisme
b. senjata nuklir
c. demokrasi
d. komunisme
Jika ingin mendownload soal, di bawah ini linknyal ↓
Sumber https://www.juraganles.com/
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan perdamaian dunia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Jabatan yang memegang tanggung jawab sebagai pemimpin konsulat adalah ....
a. Atase
b. Konsul
c. Duta Besar
d. Menteri luar negeri
3. Organisasi PBB yang berperan dalam menyelesaikan masalah Indonesia dengan Belanda adalah ....
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNHCR
d. UNCI
4. Pemrakarsa berdirinya PBB yang merupakan presiden Amerika Serikat adalah ....
a. Winston Churchill
b. F.D. Roosevelt
c. Jimmy Carter
d. John F. Kennedy
5.
Tokoh-tokoh tersebut berperan dalam terbentuknya ....
a. ASEAN
b. Gerakan Non-Blok
c. Konferensi Asia Afrika
d. PBB
6. Politik luar negeri Indonesia memiliki landasan. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah ....
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. Deklarasi Bangkok
d. Undang-undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri
7. Indonesia merupakan salah satu anggota PBB yang memiliki peran aktif. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah ....
a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
b. menyelenggarakan KTT ASEAN
c. melakukan kerja sama dalam pakta pertahanan dengan negara lain
d. mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
8. Berikut ini peran PBB dalam membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah ....
a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
b. membantu Indonesia dalam mengusir penjajah Jepang
c. mendesak Jepang agar menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia
d. memyumbangkan senjata kepada pasukan Indonesia untuk melawan penjahah
9. Konferensi Asia Afrika telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Sepuluh prinsip pokok yang dihasilkan KAA dinamakan ....
a. Deklarasi Bangkok
b. Piagam Jakarta
c. Dasasila Bandung
d. Piagam Colombo
10. UNESCO merupakan badan khusus PBB yang menangani masalah ...
a. kesehatan sedunia
b. pangan sedunia
c. buruh sedunia
d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. Tujuan berdirinya organisasi Non Blok adalah ....
a. mengurangi pengaruh Blok Barat dan Blok Timur
b. menghindari persaingan antarblok
c. membantu negara yang baru merdeka agar memihak salah satu blok
d. berusaha membendung pengaruh buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. Kerja sama di kawasan Asia Pasifik yang fokus pada bidang ekonomi adalah ....
a. ASEAN
b. APEC
c. PBB
d. OPEC
13. Tokoh perumus tujuan politik luar negeri Indonesia adalah ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Adam Malik
d. Ahmad Soebardjo
14. ILO adalah organisasi PBB yang menangani masalah ....
a. pangan
b. buruh
c. kesehatan
d. pendidikan
15. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika adalah ....
a. Adam Malik
b. Mohammad Hatta
c. Ali Sastroamidjoyjo
d. Arif Syarifuddin
16. Berikut ini tokoh dari Peru yang pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB adalah ....
a. Antonio Guterres
b. Trygve Lie
c. Javier Peres De Cuellar
d. Dr. Kurt Waldheim
17. Jawaharlal Nehru merupakan salah satu tokoh pemrakarsa terbentuknya ....
a. ASEAN
b. PBB
c. Gerakan Non Blok
d. Konferensi Asia Afrika
18. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Kolombo adalah ....
a. Ir. Soekarno
b. Muhammad Hatta
c. Ali Sastroamijoyo
d. Ruslan Abdulgani
19. Di bawah ini kewajiban utama yang harus dilaksanakan oleh seorang pelajar adalah ....
a. membantu orang tua
b. menghormati orang tua
c. rajin belajar
d. mengerjakan tugas
20. Berikut ini adalah perilaku yang menunjukkan contoh hidup rukun adalah ....
a. datang terlambat lalu dimarahi gutu
b. mengembalikan buku teman
c. kerja bakti membersihkan lingkungan
d. berkata jujur apa adanya
21. Pernyataan berikut yang menunjukkan penerapan musyawarah dalam lingkungan keluarga adalah ....
a. Anak-anak sedang membantu ibu membersihkan rumah
b. Adik mengerjakan PRnya sendiri
c. Bu guru menasihati Anton karena datang terlambat
d. Ayah menerima usul dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. Indonesia memiliki aneka peninggalan budaya. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ....
a. sumber daya alam yang melimpah
b. kebudayaan yang tinggi
c. kelebihan
d. warisan dari nenek moyang
23. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari buku Sutasoma karya ....
a. Mpu Prapanca
b. Mpu Tantular
c. Mpu Sedah
d. Mpu Gandring
24.
Rumah adat seperti pada gambar berasal dari daerah ....
a. Kalimantan Barat
b. Sumatra Barat
c. Sumatra Selatan
d Sulawesi Selatan
25. Alasan manusia merupakan makhluk Tuhan yang tinggi derajatnya jika dibanding makhluk lain adalah ....
a. manusia terdiri dari jasmani dan rohani
b. manusia diberi akal pikir dan akal budi
c. manusia diberi kehidupan dan penghidupan
d. manusia diberi tugas mengolah sumber daya alam
26. Pemerintahan pusat memberikan pelimpahan wewenang kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri. Dalam sistem NKRI, pelimpahan tersebut dinamakan asas ....
a. desentralisasi
b. dekonsentrasi
c. sentralisasi
d. daerah otonom
27. Dalam perkembangannya, UUD 1945 telah mengalami perubahan atau disebut dengan Amandemen UUD 1945 yang dilakukan sebanyak empat kali. Amandemen UUD 1945 telah merubah struktur lembaga negara di Indonesia. Berdasarkan amandemen UUD 1945, lembaga negara yang dibubarkan adalah ....
a. DPD
b. DPR
c. DPA
d. MA
28. Berikut ini adalah contoh gangguan yang datangnya dari dalam negeri yang dapat memecah belah NKRI adalah ....
a. pelanggaran wilayah oleh negara tetangga
b. ancaman dari negara lain yang mengganggu pertahanan negara
c. gerakan separatis OPM
d. aksi spionase atau mata-mata dari negara lain
29. Tindakan berikut yang menunjukkan perilaku pelajar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI adalah ....
a. mematuhi tata tertib sekolah
b. ikut bergabung dalam organisasi kemasyarakatan
c. mengikuti latihan militer bersama TNI
d. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
30. Indonesia sangat menentang segala bentuk penjajahan karena penjajahan tidak sesuai dengan ....
a. harkat dan martabat manusia
b. tujuan dan cita-cita bangsa
c. nilai-nilai moral dan kemanusiaan
d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki harga diri. Contoh perilaku memiliki harga diri adalah ....
a. bekerja keras
b. tidak suka dengan kesuksesan orang lain
c. bangga dengan prestasi yang dicapai
d. menganggap orang lain lebih rendah
32. Pada hari Minggu, di desa tempat Andi tinggal sedang diadakan kerja bakti. Sikap Andi sebaiknya ....
a. bersembunyi di dalam rumah
b. pergi ke rumah temannya
c. pura-pura tidak tahu
d. ikut kerja bakti
33. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Oleh karena itu kita wajib ....
a. mendahulukan hak dari pada kewajiban
b. tidak membeda-bedakan antara hak dan keawajiban
c. mengutamakan kewajiban tanpa menuntut hak
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. Menjaga kehormatan merupakan kewajiban bagi setiap orang. Contoh berikut yang menunjukkan perilaku menjaga kehormatan diri adalah ....
a. menghormati hak-hak orang lain
b. memilih-milih teman dalam pergaulan
c. menjauhi teman yang tidak sepaham dengan pemikiran
d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. Di bawah ini merupakan hal yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme adalah ....
a. adanya kesamaan cara pandang
b. adanya perbedaan pola pikir
c. adanya perbedaan pandangan
d. adanya perasaan senasib
36. SD Tunas Bangsa akan membangun mushola. Pihak yang harus diajak musyawarah untuk menyelesaikan masalah pembangunan tersebut adalah ....
a. guru, komite, dan wali murid
b. kepala desa, guru, dan kepala sekolah
c. guru, murid, dan perangkat desa
d. guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
37. Fajar telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA. Dia tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sehingga ia memilih untuk mempelajari tentang mesin sepeda motor. Fajar dapat mengikuti pelatihan di bidang tersebut melalui ....
a. BKIA
b. BLKIA
c. BLK
d. BPLK
38. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan bentuk perwujudan sikap tanggung jawab terhadap hasil musyawarah di lingkungan masyarakat adalah ....
a. Budi menolong temannya yang kesulitan mengerjakan tugas
b. tamu yang menginap harap lapor ketua RT
c. mengizinkan warga begadang hingga larut malam
d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. Hal-hal di bawah ini yang menjadi latar belakang terjadinya kerja sama ASEAN adalah ....
a. mencari mitra dagang
b. sama-sama negara yang sedang berkembang
c. negara-negara ASEAN tidak semua memiliki hasil alam
d. kebutuhan masing-masing negara tidak sama
40. Membubarkan partai politik dan menyelesaikan sengketa hasil pemilu adalah tugas ....
a. Mahkamah Agung
b. MPR
c. Mahkamah Konstitusi
d. Komisi Yudisial
41. Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh ....
a. KPI
b. KPU
c. KPK
d. Yudisial
42. Dalam pemerintahan dikenal tiga istilah kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Wewenang pemerintah di bidang eksekutif adalah ....
a. mengajukan undang-undang kepada DPR
b. mengangkat dan memberhentikan menteri
c. mengangkat duta dan konsul
d. menyatakan perang dengan mendapat persetujuan dari DPR
43. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan undang-undang adalah ....
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. eksaminatif
44. Salah satu contoh menjaga keutuhan NKRI adalah dengan menjaga dan mempertahankan alat pemersatu bangsa. Alat pemersatu bangsa tersebut adalah ....
a. undang-undang
b. perpu
c. perpres
d. Pancasila
45. Manusia memiliki perbedaan watak dan sifat namun sebagai pribadi manusia memiliki kesamaan yaitu ....
a. ingin dihormati dan dihargai
b. ingin menghargai diri sendiri
c. ingin disukai orang lain
d. ingin dipandang oleh orang lain
46. Salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari Singapura adalah ....
a. Narciso Ramos
b. S. Rajaratnam
c. Thanat Khoman
d. Tun Abdul Razak
47. Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang ....
a. adil
b. bersih
c. terbuka
d. demokratis
48. Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan musyawarah. Hal ini mencerminkan sila Pancasila yang disimbolkan dengan ....
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas
49. Kerja sama bilateral indonesia dengan Filipina adalah dengan dibangunnya ....
a. industri tembaga
b. pabrik pupuk urea
c. proyek abu soda
d. pabrik bahan kimia
50. Salah satu persoalan yang sedang di perjuangkan oleh setiap negara sebagai akibat dari globalisasi dalam bidang politik adalah........
a. terorisme
b. senjata nuklir
c. demokrasi
d. komunisme
Jika ingin mendownload soal, di bawah ini linknyal ↓
Kunci Jawaban
1. d. keempat
2. b. Konsul
3. d. UNCI
4. b. F.D. Roosevelt
5. b. Gerakan Non-Blok
6. a. Pancasila
7. a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
8. a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
9. c. Dasasila Bandung
10. d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. d. berusaha membendung pengaruh buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. b. APEC
13. b. Moh. Hatta
14. b. buruh
15. c. Ali Sastroamijoyo
16. c. Javier Peres De Cuellar
17. c. Gerakan Non Blok
18. c. Ali Sastroamidjojo
19. c. rajin belajar
20. c. kerja bakti membersihkan lingkungan
21. d. Ayah menerima usul dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. b. kebudayaan yang tinggi
23. b. Mpu Tantular
24. b. Sumatra Barat
25. b. manusia diberi akal pikir dan akal budi
26. a. desentralisasi
27. c. DPA
28. c. gerakan separatis OPM
29. d. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
30. d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. a. bekerja keras
32. d. ikut kerja bakti
33. d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. d. adanya perasaan senasib
36. a. guru, komite, dan wali murid
37. c. BLK
38. d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. b. sama-sama negara yang sedang berkembang
40. c. Mahkamah Konstitusi
41. b. KPU
42. b. mengangkat dan memberhentikan menteri
43. b. legislatif
44. d. Pancasila
45. a. ingin dihormati dan dihargai
46. b. S. Rajaratnam
47. d. demokratis
48. c. kepala banteng
49. a. industri tembaga
50. c. demokrasi
2. b. Konsul
3. d. UNCI
4. b. F.D. Roosevelt
5. b. Gerakan Non-Blok
6. a. Pancasila
7. a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
8. a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
9. c. Dasasila Bandung
10. d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. d. berusaha membendung pengaruh buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. b. APEC
13. b. Moh. Hatta
14. b. buruh
15. c. Ali Sastroamijoyo
16. c. Javier Peres De Cuellar
17. c. Gerakan Non Blok
18. c. Ali Sastroamidjojo
19. c. rajin belajar
20. c. kerja bakti membersihkan lingkungan
21. d. Ayah menerima usul dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. b. kebudayaan yang tinggi
23. b. Mpu Tantular
24. b. Sumatra Barat
25. b. manusia diberi akal pikir dan akal budi
26. a. desentralisasi
27. c. DPA
28. c. gerakan separatis OPM
29. d. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
30. d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. a. bekerja keras
32. d. ikut kerja bakti
33. d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. d. adanya perasaan senasib
36. a. guru, komite, dan wali murid
37. c. BLK
38. d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. b. sama-sama negara yang sedang berkembang
40. c. Mahkamah Konstitusi
41. b. KPU
42. b. mengangkat dan memberhentikan menteri
43. b. legislatif
44. d. Pancasila
45. a. ingin dihormati dan dihargai
46. b. S. Rajaratnam
47. d. demokratis
48. c. kepala banteng
49. a. industri tembaga
50. c. demokrasi
Warning : Harap tidak mengcopy paste dan mempublish ulang Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang ada di blog juraganles.com. Jadilah blogger kreatif dengan tidak melakukan copy paste dan mempublish ulang ! Terima kasihDemikianlah Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang disusun oleh admin juraganles.com. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
0 Response to "Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018"
Post a Comment